(TourdeSingkarak.com)

Padang – Ajang balap sepeda tahunan di Sumatera Barat, Tour de Singkarak (TdS), akan kembali digelar. Kegiatan yang juga dilabeli tourism sport tersebut tahun ini akan melalui dua jalur baru berlatar belakang objek wisata alam.

TdS 2011 akan diselenggarapan pada 6-12 Juni. Para peserta akan melahap tujuh etape yang berjarak total 739,3 km melewati 12 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, atau dua daerah lebih banyak dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya.

“Ada dua Kota dan Kabupaten baru yang dilewati untuk balapan tahun ini, yaitu Payakumbuh dan Sawahlunto. Itu tidak dilalui tahun lalu,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sumatera Barat Burhasman Boer kepada detik.com melalui sambungan telepon seluler, Rabu (1/6/2011).

Burhasman menambahkan, sebelum melintasi daerah Payakumbuh – Sawahlunto yang merupakan etape kelima, para pembalap akan finish pada etape keempat di Lembah Harau yang masuk wilayah Kabupaten Bukittinggi. Lokasi itu juga baru dibandingkan TdS tahun sebelumnya.

“Sesuai tujuan awal, Tour de Singkarak 2011 memang untuk membantu membangkitkan perekonomian Sumatera Barat, salah satunya dengan menunjukkan lokasi-lokasi baru objek wisata alam. Kami ingin kegiatan ini sebagai awal bangkitnya pariwisata di Sumbar pasca gempa bumi 2009,” sambung Burhasman tegas.

Hingga H-5 pelaksanaan TdS 2011, Burhasman juga menegaskan seluruh persiapan sudah selesai dilakukan. “Secara umum kami sudah siap. Persiapan yang meliputi teknis dan non teknis semuanya sudah disiapkan dengan sangat matang,” tandasnya.

TdS 2011 akan diikuti oleh 234 pebalap dari 15 tim/negara yang meliputi Jepang, China, Iran, Indonesia, Filipina, Australia, Malaysia, Belanda, Inggris, China Taipei, Selandia Baru, Irlandia, Rusia, Kyrgistan dan Spanyol. Khusus peserta dari dalam negeri akan terbagi dalam 10 tim, yang meliputi sejumlah klub profesional dan tim nasional balap sepeda.

Ke-234 pembalap tersebut akan bertarung menaklukkan 7 etape, yaitu kawasan Kota Padang sebagai pembuka, Padang-Sicincin-Pariaman (etape II); Pariaman-Bukittinggi (III); Bukittinggi-Lembah Harau (IV); Payakumbuh-Sawahlunto (V); Sawahlunto-Istana Basa Pagaruyung (VI A); Istana Basa Pagaruyung-Padang Panjang (VI B); Padang Panjang-Danau Kembar (VII A); dan Danau KeVII B).

Daftar Peserta TdS 2011 dari Luar Negeri:

1. Azad University – Iran
2. Tabriz Petrochemical Cycling Team – Iran
3. CCN Colossi – berbagai Negara
4. Giant Kenda Cycling Team – Taipei
5. 7 Eleven – Filipina
6. Aisan Racing Team – Jepang
7. Action Cycling Team – Taipei
8. Plan B Racing Team – Australia
9. Holy Brother Cycling Team – RRC
10. Global Cycling Team – Belanda
11. Trenggganu Pro Asia Cycling Team – Malaysia
12. Team Fuji – Taipei
13. Eddy Hollands Bicycle Services – Australia
14. Le Tua – Malaysia
15. Hongkong

Daftar Peserta TdS 2011 dari Dalam Negeri:

1. Araya Indonesia – Sidoarjo
2. Custom Cycling Club – Jakarta
3. Polygon Sweet Nice – Surabaya
4. Putra Perjuangan – Bandung
5. United Bike Kencana Team – Malang
6. Tirta Cycling Team – Solo
7. Binong Baru Passel – Cirebon
8. DKI Jakarta – Jakarta
9. Pengda ISSI Prov. Sumbar
10. Prima Utama – Pelatnas SEA Games


( a2s / krs )

Share Post